Berhati-hatilah, Juta-an Intimidasi Siber Serbu Indonesia

Berhati-hatilah, Juta-an Intimidasi Siber Serbu Indonesia

Deputi Bagian Penanggulangan serta Pemulihan Tubuh Siber serta Sandi Negara (BSSN) Marsma TNI Asep Chaerudin menjelaskan, faksinya tidak dapat pastikan keamanan 100 % server siber di Indonesia. Masalahnya intimidasi siber tetap hadir, baik dari dalam atau luar negeri. “Jumlahnya juta-an (intimidasi per tahun) baik dari dalam atau luar negeri ada. Ancaman-ancaman semacam itu masih ada,” kata Asep di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu(20/11).

Asep menerangkan, bentuk intimidasi siber yang masuk dapat lewat Dos, Malware sampai Trojan. Mereka dapat juga menyerang ke bidang pemerintah serta dapat ke bidang ekonomi. Asep menyebutkan, intimidasi siber itu mempunyai tujuan mengarah bidang politik Indonesia. Hingga Indonesia dipandang jadi target empuk intimidasi siber. “Indonesia itu sebenarnya kekuatan meneror serta diancam itu besar sekali. Mengapa? 143 juta masyarakat indonesia itu jadi pemakai dari internet. Oleh karenanya peluang intimidasi itu besar sekali,” sebut Asep.

Baca juga : Keamanan Cyber Yang Efektif Perlu Trik Yang Bertujuan Pada Pemakai

Asep juga menjelaskan, pada acara Pemilu 2019, ada cenderung musuh politik memakai siber untuk menjatuhkan musuh atau kebutuhan yang lain. “Kemudian peralihan dari kebijaksanaan politiknya, selanjutnya mengakibatkan kerusakan dari nama baik dari musuh politik, beberapa hal seperti itu yang umum semacam itu,” tegas Asep. Oleh karena itu, pemerintah bekerja bersama dengan beberapa komune serta penyuplai service internet sampai sosial media untuk menahan intimidasi siber itu. Tiap intimidasi baik besar serta kecil akan jadi wanti-wanti buat pemerintah.

“Kita berupaya untuk amankan.Tetapi tidak ada yang dapat jamin 100 % jika di dunia ini dengan tehnologi apa pun dapat jamin keamanannya itu. Tapi kita berupaya semaksimal mungkin untuk amankan pemilu ini,” ujarnya.

One thought on “Berhati-hatilah, Juta-an Intimidasi Siber Serbu Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Menu