Mouse serta Keyboard Pribadi Untuk Disabilitas Karya Mahasiswa UGM

Mouse serta Keyboard Pribadi Untuk Disabilitas Karya Mahasiswa UGM

Mahasiswa Fakultas Tehnik Mesin serta Industri Kampus Gajah Mada (UGM) Yogyakarta membuat mouse serta keyboard computer untuk penyandang disabilitas. Karyanya disebut Diamond atau Difabel mouse serta keyboard. Penyandang disabilitas tangan dapat dengan gampang membuka computer. Ketua Klub Mahasiswa UGM Hilmy Andang Kurniawan menuturkan, hasil hasil itu untuk lomba I-Create di Bangkok.

” Lantaran prestasi itu kami dihubungi faksi PT Telkom Indonesia untuk mengembangkannya, ” papar Hilmy. Hilmy menuturkan, Diamond menyengaja dibikin untuk meringankan penyandang disabilitas sisi atas waktu memakai computer. ” Diamond dibikin semakin besar dengan ukuran khusus lantaran peletakannya dibawah. Keyboard ini telah kami modifikasi, dengan cuma 34 tombol, lebih simple kalau ketimbang keyboard biasa, 46 tombol, ” tutur Hilmy.

Baca juga : Dark Mode dan Dua Fitur Baru Dari Instagram

Hilmy mengatakan, 34 tombol terdiri 26 tombol huruf abjad seperti computer normalnya, dan tombol lain jadi satu dengan tombol lambang lain. Menurutnya, ukuran Diamond kira-kira 50 x 20 cm, ketinggian 15 cm serta kemiringan 15 derajat. Hal tersebut menurut dia biar Diamond makin nyaman diperlukan penyandang disabilitas. ” Pada mulanya kita bikin prototipe Diamond ini habiskan budget sebesar Rp 5 juta. Tetapi cost itu dapat didesak jadi cuma Rp 3 juta seusai ada dukungan peningkatan dari PT Telkom. Untuk step awal, kita bikin 10 buah serta diserahkan ke yayasan atau sekolah pribadi untuk penyandang disabilitas, ” pungkas Hilmy.

2 thoughts on “Mouse serta Keyboard Pribadi Untuk Disabilitas Karya Mahasiswa UGM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Menu